Tips Membuat Surat Lamaran Kerja yang Benar serta Baik

Saat ini banyak sekali pelamar kerja yang membuat sebuah lamaran kerja yang tidak sesuai dengan pedoman. Padahal, hal tersebut bisa menjadi sebuah pertimbangan suatu perusahaan untuk menerima si pelamar tersebut. Berikut tips membuat surat lamaran kerja. Mari, lihat saja uraiannya berikut:

1. Gunakan Bahasa Baku

Seringkali seorang HRD menemui beberapa lamaran pekerjaan menggunakan bahasa santai serta tidak baku. Padahal, dengan menggunakan bahasa yang baku akan membuat penyampaian surat terlihat lebih jelas. Selain itu, akan menjadikan sebuah pertimbangan pula. Maka dari itu, sebaiknya gunakan bahasa yang sopan serta baku.

Selain baku, gunakan bahasa yang tidak berbelit-belit serta harus informatif. Karena, dengan bahasa yang tidak informatif akan membuat yang membacanya pun malas. Misal pada kalimat contoh surat lamaran kerja “Terima Kasih yang Sebanyak-banyaknya” bisa diganti dengan kalimat “Terima Kasih Banyak.” Tentunya lebih efektif serta lebih jelas bukan?

2. Cantumkan Informasi Penting

Tips membuat surat lamaran kerja yang berikutnya adalah dengan mencantumkan informasi penting di dalamnya. Karena, dengan informasi tersebut akan membuat HRD tahu tentang asal-usul si pelamar kerja. Selain itu, jika ada peluang untuk diterima pasti akan langsung dihubungi lewat informasi tersebut.

Untuk informasi penting yang dicantumkan yaitu bisa berupa nomor telepon dan juga alamat jelas si pelamar. Selain itu, bisa mencantumkan pula dari mana mendapat informasi pekerjaan tersebut. Tuliskan dengan jelas, baik itu dari sosial media, surat kabar, atau informasi dari beberapa pihak di kantor tersebut.

3. Tuliskan Dengan Rapi

Memang ada beberapa perusahaan yang meminta pelamarnya untuk menulis sebuah surat lamaran dengan menggunakan tulisan tangan. Hal ini tentunya berat, bagi yang memiliki tulisan tangan tidak begitu bagus. Namun, tenang saja karena yang penting adalah rapi, dapat dibaca, serta menggunakan format yang benar.

Jika tidak ada perintah menggunakan tulisan tangan, sebaiknya langsung diketik saja dari perangkat komputer. Karena, yang pasti hasilnya dijamin rapi dan tidak terdapat banyak coretan tidak jelas. Selain itu, yang penting harus gunakan format yang sesuai dengan pedoman serta standarnya.

4. Tuliskan Pengalaman

HRD juga akan mempertimbangkan pengalaman kerja dari si pelamar tersebut. Maka, tuliskan saja semua pengalaman kerja yang pernah dilakukan. Tulislah dengan jelas beserta pernah menjabat sebagai apa. Karena, hal itu juga akan memberikan pertimbangan untuk memposisikan si pelamar pada bagian apa.

Selain pengalaman, bisa juga menuliskan beberapa prestasi atau penghargaan yang pernah diraih. Pelamar juga bisa menulis kemampuan diri yang ada di dalamnya, bisa soft skill atau hard skill. Karena, semua aspek pasti akan menjadi pertimbangan untuk menerima si pelamar.

Itulah berbagai tips membuat surat lamaran kerja dengan benar dan sudah sesuai pedoman. Tentunya yang paling penting adalah harus ditulis sesuai dengan format serta gunakan bahasa yang sopan serta baku. Jangan menuliskan hal yang tidak penting serta tidak memberikan informasi yang tidak dibutuhkan.

Leave a Comment