Tips Main Crypto Aman dan Cuan Bagi Pemula

Cryptocurrency atau disingkat crypto merupakan instrumen investasi yang populer akhir-akhir ini. Bagaimana tidak, investasi crypto menawarkan high return atau keuntungan besar di investasinya. Hal itulah yang menyebabkan banyak orang-orang yang ingin mempelajari cara main crypto. Keuntungan yang besar juga berarti memiliki resiko yang besar pula. Maka dari itu, mari pelajari tips main crypto yang aman serta cuan di bawah ini.

1. Alokasikan Sebagian Kecil Portofolio ke Crypto

Cryptocurrency bukan seperti investasi saham pada umumnya. Kadang harga beli murah, namun beberapa saat kemudian malah lebih turun. Maka dari itu, jangan sampai menghabiskan portofolio investasi lebih dari 10% untuk cryptocurrency.

Aplikasi investasi yang menyediakan robot bisa lebih membantu untuk pemula. Biasanya aplikasi robot akan menganalisis investor tersebut masuk ke kategori agresif, aman, atau moderat. Ketika hasil analisisnya keluar, akan ada besaran persen portofolio investasinya. bisa jadi hasil persenan itu bisa dialokasikan 10% dari portofolio untuk cryptocurrency.

2.Memilih Metode Yang Sesuai

Ada banyak cara atau metode yang bisa dipilih untuk membeli cryptocurrency. Namun, metode yang bisa jadi paling mudah bagi pemula yaitu pertukaran terpusat. Biasanya pertukaran terpusat menjual crypto ini dengan harga pasar. Mereka mendapat uang dari biaya segala aspek layanan yang ditawarkan.

Pertukaran terpusat akan berfungsi seperti pihak ketiga yang mengawasi transaksi crypto. Tujuannya untuk memberikan kepercayaan bahwa pembeli akan mendapatkan apa yang sudah dibayar. Meski pertukaran terpusat ini mudah digunakan, metode ini bisa jadi target empuk bagi peretas.

3.Pilih Mata Uang Digital

Sebenarnya, mata uang digital ada ragam jenisnya. Ada Bitcoin, Ethereum, Dash, Ripple dan lain-lain. Namun umumnya investor crypto memilih Bitcoin sebagai mata uang digital. Pasalnya , mata uang Bitcoin merupakan jenis mata uang digital yang relatif aman dan dapat diandalkan. Banyak juga orang terkenal yang mengandalkan mata uang ini, contohnya Elon Musk.

4. Menggunakan “Uang Dingin”

“Uang dingin” yaitu uang yang tidak ditujukan untuk hal-hal mendesak atau dipakai dalam waktu dekat. Bisa jadi uang dingin berupa tabungan yang bukan ditujukan untuk keperluan seperti menikah, beli rumah, dan lain-lain. Gunakan uang seperti ini untuk bermain crypto, sehingga saat rugi tidak terlalu berpengaruh ke kehidupan.

Mayoritas kesalahan para investor pemula adalah main investasi digital dengan uang panas. Apalagi, jika sampai berhutang untuk crypto. Uang panas yaitu uang yang dipakai untuk keperluan atau kebutuhan hidup sehari-hari (makan, bayar tagihan, dan lain-lain). Jika rugi, pastinya sangat mempengaruhi ekonomi investor.

Nah, itulah beberapa tips untuk melakukan investasi cryptocurrency yang aman dan menghasilkan cuan. Usahakan pilih platform yang aman dan legal dalam berinvestasi. Apalagi dalam berinvestasi crypto yang menawarkan keuntungan besar. Dengan mempelajari cara bermain crypto yang benar, pemula bisa bermain investasi ini lebih aman dan lebih terhindar dari penipuan.

 

 

 

 

Leave a Comment