Struktur dan Fungsi Daun Tumbuhan

Daun pada setiap spesies tumbuhan biasanya berbentuk khas dan tetap, sehingga dapat dipergunakan sebagai dasar identifikasi (pengenalan) dari suatu spesies. Fungsi daun yang sangat penting adalah sebagai tempat berlangsungnya fotosintesis.

Struktur daun tersiri atas:

1. Epidermis, merupakan lapisan terluar yang terdapat di permukaan atas dan bawah daun, tersusun atas satu lapis sel yang rapat. Epidermis berfungsi melindungi bagian yang berada dibawahnya dan mencegah penguapan yang terlalu berlebihan  dan juga memiliki lapisan lilin atau rambut-rambut halus. Diantara epidermis terdapat stomata (mulut daun).

2. Jaringan Mesofil, tersusun atas dua yaitu:

  • Jaringan palisade = jaringan tiang = jaringan pagar, berbentuk silindris, tegak, rapat, banyak kloroplas, fungsi fotosintesis.
  • Jaringan spons = jaringan bunga karang, bentuknya tidak teratur, tidak rapat, sedikit kloroplas, fungsi menampung karbondioksida untuk fotosintesis.

3. Xilem berfungsi mengangkut air dan mineral dari tanah dan floem berfungsi mengedarkan hasil fotosintesis ke tubuh tumbuhan, xilem dan floem terdapat di tulang daun.

Jaringan-jaringan pada daun

Gambar: Jaringan-jaringan pada daun

Leave a Comment