Struktur dan Fungsi Bunga Tumbuhan

Bunga merupakan ujung cabang yang berubah bentuk atau bermodifikasi dan tumbuh terbatas. Fungsi bunga adalah sebagai organ perkembangbiakan. Bunga ada  beberapa macam:

  • Bunga lengkap → memiliki kelopak, mahkota, benang sari, dan putik.
  • Bunga tidak lengkap → salah satu bagiannya tidak ada.

Struktur bunga terdiri dari:

1. Perhiasan bunga (periantium)

  • Kelopak bunga (calix), merupakan bagian terluar dari bunga, umumnya berwarna hijau, fungsi untuk melindungi kuncup bunga. Helaian penyusun kelopak disebut sepal.
  • Mahkota bunga (corolla), umumnya lebih besar dari kelopak bunga, memiliki warna yang mencolok sehingga menarik perhatian serangga untuk membantu tumbuhan dalam penyerbukan. Helaian penyusunnya disebut petal.

2. Alat perkembangbiakan:

  • Benang sari (stamen), merupakanorgan perkembangbiakan jantan, letaknya mengelilingi putik, menghasilkan sel kelamin jantan, tersusun atas tangkai sari (filamen) dan kepala sari (antera).

Benang sari

  • Putik (pistillum), nerupakan organ perkembangbiakan betina, letaknya di pusat bunga, menghasilkan sel kelamin betina, tersusun atas kepala putik (stigma), tangkai putik (stilus) dan bakal buah (ovarium)

Putik

Bagian-bagian bunga

Gambar: Bagian-bagian bunga

Perbedaan Monokotil dan Dikotil

  Monokotil dikotil
Akar Serabut Tunggang
Batang Tidak berkambium Berkambium
Tulang daun Sejajar atau melengkun Menyirip atau menjari
Bunga 3 atau kelipatannya 2 atau 5 atau kelipatannya

Ketika telah terjadi penyerbukan (=peristiwa jatuhnya benang sari diatas kepala putik) pada bunga, maka akan terjadi pembuahan, bakal buah akan tumbuh menjadi buah dan bakal biji yang terdapat dalam bakal buah akan tumbuh menjadi biji.

Leave a Comment