Sistem Transportasi pada Manusia

A. Darah

1. Sel Darah Merah (Eritrosit)

Sel darah merah berfungsi untuk mengangkut oksigen dari paru-paru ke sel-sel di seluruh tubuh. Warna merah padadisebabkan adanya hemoglobin, yang berfungsi mengikat oksigen dan membentuk oksihemoglobin. Berikut reaksi kimiapengikatan oksigen oleh hemoglobin.

2Hb + 2O2 => 2HbO2

2. Sel Darah Putih (Leukosit)

Sel darah putih berfungsi melawan penyakit yang masuk ke dalam tubuh dan membentuk antibodi.

Jenis sel darah putih

3. Keping Darah (Trombosit)

Keping darah berfungsi dalam proses mengeringnya luka, keping sarah disebut juga sel darah pembeku.

Skema Pembekuan darah

Skema Pembekuan darah

4. Plasma Darah

Bagian plasma darah yang mempunyai fungsi penting adalah serum. Serum merupakan plasma darah yang dikeluarkan atau dipisahkan fibrinogennya dengan cara memutar darah dalam sentrifuge. Serum tampak sangat jernih dan mengandung zat antibodi. Antibodi ini berfungsi untuk membinasakan protein asing yang masuk ke dalam tubuh. Protein asing yang masuk ke dalam tubuh disebut antigen.

B. Organ Peredaran Darah

1. Jantung

Jantung terdiri dari 4 ruangan, yaitu serambi (atrium) kiri, serambi kanan, bilik (ventrikel) kiri, dan bilik kanan. Serambi jantung berada disebelah atas, sedangkan bilik jantung disebelah bawah. Antara serambi kiri dan bilik kiri terdapat dua buah katup yang disebut bikuspidalis. Saat berdenyut, setiap ruangan jantung mengendur dan terisi darah. Selanjutnya, otot-otot jantung berkontraksi dan memompa darah keluar ruangan jantung. Kedua serambi mengendur dan berkontraksi secara bersamaan, begitu juga dengan bilik akan mengendur dan berkontraksi secara bersama-sama.

2. Pembuluh darah

Pembuluh darah dibedakan menjadi dua, yaitu pembuluh nadi (arteri) dan pembuluh balik (vena). Arteri merupakan pembuluh darah yang mengalirkan darah kelaur jantung, sedangkan vena mengalirkan darah masuk ke dalam jantung.

Perbedaan Pembuluh Nadi dan Pembuluh Vena

C. Sistem Peredaran Darah Manusia

1. Peredaran Darah Kecil

Peredaran darah kecil merupakan peredaran darah yang dimulai dari jantung menuju ke pari-paru kemudian kembali ke jantung. Jalannya darah pada peredaran darah kecil dapat dilihat pada gambar dibawah ini.

2. Peredaran Darah Besar

Peredaran darah besar adalah peredaran darah dari jantung ke seluruh tubuh manusia kembali ke jantung lagi.

 

Peredaran darah

D. Gangguan pada Sitem Peredaran Darah

  • Serangan jantung
  • Stroke

E. Sistem Respirasi

1. Organ-organ Pernapasan Manusia

hidung  pangkal tenggorok (faring)  batang tenggorok (trakea)  cabang batang tenggorok (bronkis)  anak cabang batang tenggorok (bronkiolus)  paru-paru (pulmo)

2. Mekanisme Pernapasan pada Manusia

Pada saat bernafas berlangsung dua mekanisme, yaitu menghirup udara (inspirasi) atau inhalasi dan menghembuskan udara (ekspirasi) atau ekshalasi. Pada saat melakukan mekanisme pernapasan terjadi kerja sama antara otot dada, tulang rusuk, otot perut, dan diafragma.

3. Gangguan Sistem Pernapasan

a. Asma

b. Pneumonia

c. Kekurangan Oksigen

  • TBC
  • Kanker paru-paru
  • Influnenza

Leave a Comment