Sales Coaching Solusi Peningkatan Skill Karyawan Paling Ampuh

Melakukan coaching pada suatu bidang pekerjaan sangat penting guna meningkatkan kemampuan dari karyawan. Salah satu jenis coaching yang penting untuk dilakukan adalah sales coaching. Jenis coaching ini biasanya diadakan oleh sales manager agar timnya bisa memiliki produktivitas dan mencapai target lebih baik lagi. Banyak sekali perusahaan yang mulai menyadari pentingnya melakukan coaching ini sehingga layak sekali dicoba.

Apa Itu Sales Coaching?

Pengertian dari sales coaching ini adalah sebuah jenis coaching yang diberikan oleh sales manager pada bawahannya yaitu sales representative, salesman, tele-marketer, dan semacamnya. Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan performa kerja para bawahannya sehingga bisa membawa perusahaan ke gerbang kesuksesan. Coaching ini dirasa efektif karena para bawahan akan berpraktek dan membuat action yang kongkrit untuk meningkatkan kinerjanya.

Sebuah coaching akan berjalan lebih efektif ketika dijalankan dalam bentuk one-on-one coaching. Meski tentu saja team coaching atau group coaching juga dapat dilakukan dan dijadikan bentuk alternatif yang lain. Coaching juga bisa dijadikan sebagai salah satu ajang untuk memperbaiki sikap serta perilaku yang dirasa kurang tepat ketika akan melakukan tindakan kongkrit untuk memperbaiki diri.

Hasil akhir yang diinginkan dalam coaching adalah adanya peningkatan kemampuan sales sehingga kinerjanya juga meningkat. Coaching akan dapat berjalan jauh lebih efektif jika ada  kemauan dari kedua belah pihak, baik dari coach maupun coachee.

Teknik Sales Coaching

Melakukan sales coaching tentu tidak boleh sembarangan, melainkan ada teknik tertentu yang harus diterapkan oleh setiap coach.  Teknik inilah yang akan membantu atasan agar bisa memberikan sales coaching yang tepat sesuai dengan kebutuhan karyawannya. Berikut akan dipaparkan mengenai teknik sales coaching yang sayang sekali jika ditinggalkan:

1. Menggunakan Data

Gunakanlah data para sales untuk melakukan penelitian mengenai aspek apa saja yang sekiranya masih kurang dan perlu untuk dikembangkan lagi. Penggunaan teknologi seperti software CRM ( Customer Relationship Management ) atau lainnya pun perlu dilakukan guna mengidentifikasi penurunan ataupun peningkatan kinerja dari karyawan serta mengetahui perubahan-perubahan yang terjadi. Jadi, data-data tersebut sangat membantu.

2. Melakukan Kombinasi Gaya Coaching

Kegiatan sales coaching perlu dilakukan secara terus menerus sehingga harus ada variasi yang dilakukan agar tidak membuat bosan. Berbagai kombinasi pun bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan karyawan. Beberapa kombinasi yang bisa dipilih adalah strategic coaching, tactical coaching, ataupun lainnya. Variasikan kombinasi tersebut secara tepat agar bisa menambah pemahaman karyawan.

Perusahaan yang ingin mengadakan sales coaching dapat mengundang Indra Dewanto dan tim yang memang sudah berpengalaman. Lebih dari 150 perusahaan, baik perusahaan besar maupun kecil, di berbagai industri seperti telekomunikasi, otomotif, manufaktur, ritel, logistik, kesehatan, dan banyak lagi,  sudah menggunakan jasanya. Coach yang handal akan membuat proses coaching dapat berjalan lebih lancar dan mampu mengeluarkan potensi tim sales yang sedang mengalami coaching tersebut.

Leave a Comment