Manfaat Mesin RO Jenis SWRO

Mesin SWRO atau yang lebih dikenal sebagai “Sea Water Reverse Osmosis” cukup ramai dibahas akhir-akhir ini. Sebagai informasi saja, alat ini dapat dipergunakan dalam usaha pengolahan air. SWRO adalah salah satu dari jenis mesin RO. Sedangkan mesin RO sendiri adalah teknologi yang digunakan untuk menyaring air dari kontaminan yang ada di dalamnya.

Sekilas Tentang SWRO

Mesin RO ada macam-macam jenisnya. Ada yang khusus mengolah air tawar, air payau, serta air laut. Khusus SWRO adalah mesin RO untuk mengolah air laut menjadi air tawar sehingga bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Adanya mesin tersebut dikenal dapat membantu efisiensi penggunaan air.

Seperti yang diketahui semua, kebutuhan air tawar bersih semakin besar baik itu untuk lini produksi maupun rumah tangga. Adanya mesin SWRO ini akan membantu pengadaan air tawar dari hasil pengolahan air laut. SWRO menggunakan teknologi membrane semipermeabel. Sehingga dapat menyaring molekul yang ada pada air laut, dan menjadi air tawar siap pakai.

Kegunaan Mesin RO Jenis SWRO

Sekarang ini, salah satu teknologi pengolahan air SWRO cukup populer. Hal tersebut karena adanya mesin tersebut banyak membawa manfaat. Bahkan, tidak hanya untuk kehidupan rumah tangga saja, melainkan juga bidang industri. Berikut manfaat mesin tersebut:

1. Industri Air Minum dalam Kemasan

SWRO yang menjadi salah satu jenis mesin RO ini punya andil besar dalam industri berbasis air. Contohnya saja pabrik air minum kemasan. Saat ini orang lebih suka minum air dalam kemasan karena sangat praktis. Bukan hanya jenis air putih saja, bahkan varian rasa-rasa, soda, serta aneka soft drink, terbukti lebih diminati.

Hal ini seharusnya menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Namun, perhatikan bahan baku produksi industri tersebut. Sudah pasti air tawar adalah bahan pokoknya. Sehingga, pebisnis harus mengusahakan ketersediaan bahan baku tersebut. SWRO adalah solusinya, membantu mengolah air laut menjadi air tawar siap dipakai untuk bahan baku industri air minum kemasan.

2. Pabrik Air Minum Isi Ulang

Air minum dalam bentuk isi ulang sudah tidak bisa dipisahkan dengan masyarakat. Kalau dulu, orang mungkin menggunakan air tanah lalu direbus sendiri untuk keperluan konsumsi. Sekarang, kebanyakan sudah tidak ada waktu, sehingga memilih membeli isi ulang saja.

Artinya, bisnis atau industri air minum isi ulang pun punya prospek besar. Lagi-lagi pebisnis diharuskan untuk menyediakan air tawar sebagai bahan baku. Dari sinilah peran mesin RO jenis SWRO bisa dimanfaatkan untuk mengubah air laut menjadi air tawar.

3. Pengolahan Air Laut Supaya Bisa Langsung Siap Minum

Bukan hanya untuk kalangan industri saja, SWRO nyatanya dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan rumah tangga. Misalnya mengubah air laut sehingga menjadi air siap minum. Tidak mungkin bukan, langsung minum air laut? Proses pengolahan menggunakan SWRO ini akan membantu menjadikan air laut sehingga bisa langsung diminum.

4. Mengolah Air Laut Menjadi Air Tawar untuk Kebutuhan Sehari-Hari

Air tawar untuk kebutuhan rumah tangga, nyatanya bukan hanya sebagai air minum saja. Kegiatan mencuci, mandi dan lainnya, lebih nyaman menggunakan air tawar. Sementara di musim kemarau, biasanya ketersediaan air PDAM sedikit mengalami penurunan. Dalam kondisi tersebut SWRO dapat membantu mengolah sumber daya air laut sehingga nyaman untuk kebutuhan sehari-hari.

5. Penyediaan Air dalam Mesin Boiler Industri

Banyak industri yang menggunakan boiler sebagai pemanas ruangan, penggerak turbin uap, dan lainnya. Mesin boiler ini hanya bisa bekerja menggunakan air untuk menghasilkan energi panas. Apabila dipaksakan menggunakan air laut, sudah pasti mesin akan cepat berkarat. Oleh sebab itu, seharusnya setiap industri menyediakan SWRO untuk menyaring air laut untuk kebutuhan aplikasi boiler.

Itu dia tadi beberapa manfaat SWRO salah satu jenis mesin RO. Kalau diperhatikan memang cukup banyak bukan? Mesin tersebut nyatanya sangat dibutuhkan untuk kegiatan rumah tangga bahkan industri.

Leave a Comment