Listrik Statis

Teori Atom

Bagian terkecil dari suatu unsure dinamakan atom. Setiap atom terdiri dari inti yang dikelilingi oleh satu atau lebih elektron. Inti atom terdiri dari proton dan neutron. Proton bermuatan positif, neutron tidak bermuatan sedangkan elektron bermuatan negatif. Pada atom netral, jumlah muatan positif sama dengan jumlah muatan negatif.

Teori Atom

Elektron dapat meninggalkan atomnya sehingga atom tersebut bermuatan positif. Sebuah atom juga dapat menangkap elektron dari atom lain sehingga atom tersebut kelebihan electron sehingga bermuatan negatif.

Pada penghantar (konduktor) elektron mudah berpindah dari satu atom ke atom lain. Pada isolator electron sukar berpindah dari satu atom ke atom lain.

Sebuah Benda Dapat Bermuatan Listik Dengan Cara Digosok

 Tabel memberikan muatan pada benda dengan cara di gosok

Benda yang di gosok Bermuatan Positif Bermuatan negatif
Sisir plastic dengan rambut kering/kain wol Rambut kering/kain wol Sisir plastik
Kaca dengan kain sutra kaca Kain sutra
Penggaris plastik dengan rambut kering/kain wol Rambut kering/kain wol Penggaris plastik
Ebonite dengan kain wol Kain wol Ebonit

Elektroskop

Alat untuk menyelidiki apakah sebuah benda bermuatan atau netral dapat diselidiki dengan sebuah alat yang disebut elektroskop.

Elektroskop

Daun elektroskop akan tertutup ketika tidak bermuatan. Bila elektroskop disentuh pada benda bermuatan listik maka daun-daunnya akan terbuka. Alat untuk menimbulkan muatan listrik yang besar adalah Generator Van de Graaff.

Jenis Muatan Listrik dan Sifatnya

Ada dua jenis muatan listrik yaitu muatan listrik positif dan muatan listrik negative. Sifat muatan listrik adalah:

  • Muatan listrik yang tidak sejenis akan tarik menarik.
  • Muatan listrik yang sejenis akan saling tolak menolak

Induksi Listrik

Induksi lisrik adalah pemisahan muatan listrik di dalam suatu penghantar karena penghantar itu didekati benda bermuatan listrik.

Medan Listrik

Medan listrik adalah daerah disekitar benda bermuatan listrik yang masih dipengaruhi oleh gaya listrik. Untuk menggambarkan medan listrik digunakan garis gaya listrik, sifat-sifatnya sebagai berkut :

  1. Arah garis gaya listrikdari kutub positif ke kutub negative
  2. Semakin rapat garis gaya, semakin kuat medan listrik
  3. Garis gaya listrik tidak pernah berpotongan.

Medan listrik

Hukum Coulomb

Besarnya gaya tarik menarik atau tolak menolak antara benda yang bermuatan listrik akan sebanding dengan besar kedua muatan dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak antara kedua muatan tersebut.

Persamaan dapat ditulis :

gaya coulomb

Keterangan :

F           = gaya coulomb (N)

Q1Q2   = muatan listrik

r            = jarak antara muatan (m)

k            = konstanta (9 x 109 nm2/C2)

Potensial Listrik

Energi potensial listrik adalah kemampuan untuk melakukan usaha pada muatan listrik. Potensial listrik adalah energi potensial per satuan muatan listrik

potensial listrik

Keterangan :

V           = potensial listrik (V)

w           = usaha (J)

Q           = muatan dalam (C)

Sistem Kelistrikan Pada Manusia dan Hewan

Tubuh manusia mengandung sistem kelistrikan, mulai dari mekanisme otak, jantung, ginjal, paru-paru, sistem pencernaan, sistem saraf, otot-otot, dan berbagai jaringan lainnya.

Pada sistem saraf, dendrite merupakan bagian dari neutron yang khusus untuk menerima informasi dari rangsangan atau dari sel lainnya. Akson merupakan serabut saraf yang panjang, berfungsi sebagai penghantar impuls saraf menuju sel saraf lainnya.

Listrik pada jantung dihasilkan dari reaksi sel jantung dengan ion Na+. Aktivitas listrik pada jantung dapat dideteksi pada nodus sinoartial (SA), nodus atrioventrikular (AV), berkas His, dan serabut Purkinje.

Tulang juga sumber listrik pada tubuh kita, pertumbuhan tulang merupakan salah satu proses kehidupan yang dikendalikan secara elektrik. Tulang mengandung kolagen yang bermuatan negative, dan mineral apatit yang bermuatan positif.

Adapun hewan-hewan yang menghasilkan listrik, antara lain hiu kepala martil, belut listrik, ikan belalai gajah, ikan pari, dan echidna.

Leave a Comment