Cara Pindah Gigi Mobil Matic yang Benar dan Tepat

Mobil matic merupakan mobil yang dapat digunakan secara otomatis. Namun, pasti masih banyak yang bingung mengenai cara mengendarai serta memindahkan gigi pada mobil matic. Berikut ini ada cara pindah gigi mobil matic dengan mudah serta tepat. Untuk lebih lengkapnya lagi, pengguna bisa menyimak penjelasannya di bawah ini!

1. Pindah Gigi Di Lampu Merah

Hal yang jarang diperhatikan oleh kebanyakan orang adalah tidak memindahkan gigi pada saat di lampu merah. Para penggunanya biasanya tetap membiarkan mobil dalam keadaan netral padahal kebiasaan tersebut akan membahayakan si pengemudi. Tentunya hal ini harus dihilangkan dan usahakan untuk tetap memindahkan gigi pada saat lampu merah.

Cara pindah gigi mobil matic pada saat lampu merah yaitu dengan memindahkan gigi pada posisi N lalu sembari menginjak rem supaya mobil tidak bergerak maju. Jangan sekali-kali memindahkan gigi ke dalam posisi D karena akan membuat kampas rem mudah habis.

2. Saat Jalanan Menanjak dan Menurun

Bagi pengemudi yang baru belajar menggunakan mobil matic seringkali kesulitan memindahkan gigi pada saat jalanan menanjak serta menurun. Jalanan dengan model seperti itu harus lebih berhati-hati karena rawan bertemu dengan kendaraan lain.

Nah, cara untuk memindahkan gigi pada jalan menanjak yaitu dengan menggeser posisi D ke posisi D3 atau bisa juga D2 tetapi jangan sambil menginjak pedal rem. Jika untuk jalanan yang menurun, pengemudi juga bisa menggunakan cara di atas yaitu memindahkan D ke posisi D3 atau D2. Cara tersebut akan membuat mobil turun tidak mudah tergelincir serta turun dengan tiba-tiba. Hal ini akan membuat kampas rem awet serta tidak cepat panas.

3. Pada Saat Parkir

Mungkin banyak pengemudi yang sudah sangat lincah sekali ketika berada di jalanan. Namun, ada juga yang kesulitan dalam urusan untuk parkir mobil yang tepat. Padahal, ilmu dasar ini harus dikuasai oleh pengemudi karena pasti akan dilakukan setiap saat. Jangan sampai salah parkir dan merugikan orang lain.

Cara untuk memindahkan gigi pada saat akan parkir yaitu dengan mengembalikan tuas dalam keadaan P atau biasa yang disebut dengan Parking. Jangan parkir mobil dengan mengaktifkan mobil dalam keadaan netral karena malah akan membuat mobil menjadi susah bergerak karena terjepit oleh rem tromol.

4. Memindahkan Gigi Saat Mobil Mundur

Kebanyakan orang pada saat akan memundurkan mobil pasti sambil menginjak pedal gas. Padahal, prinsip kerja dari mobil manual serta mobil matic sangat berbeda jauh. Jika hal tersebut diterapkan pada mobil matic, maka akan membuat mobil meluncur mundur dengan bebas dan malah akan membahayakan pengendara lain.

Untuk cara yang tepat yaitu dengan memindahkan gigi dengan pelan-pelan ke dalam posisi R. Lakukanlah dengan pelan karena jika dilakukan dengan tiba-tiba akan membuat komponen di dalamnya mudah rusak. Selain itu, sebelum memindahkan gigi pada posisi R injak rem terlebih dahulu dan cek juga kondisi di belakang mobil apakah aman atau tidak.

Jadi itulah cara pindah gigi mobil matic dalam berbagai keadaan di jalanan. Jika ingin mengetahui lebih lanjut tentang dunia mobil. Pengguna bisa mengunjungi website Mobilku, di sana banyak sekali info tentang perawatan mobil yang benar.

Leave a Comment