Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Terbaca Mudah dan Praktis

Cara mengatasi kartu SIM tidak terbaca kini tidaklah sulit. Tentu sebagian dari anda sudah pernah mengalami masalah ini. Kartu SIM yang tidak terbaca akan membuat HP tidak berjalan sebagaimana mestinya.

HP memiliki fungsi jaringan seluler yang bisa untuk mengakses internet, melakukan panggilan, SMS, dan lainnya. Akan tetapi, jika kartu SIM tidak terbaca, hal itu tidak akan bisa berjalan dengan baik. Fungsi jaringan seluler akan terganggu dan menyusahkan pengguna.

Permasalahan kartu SIM yang tidak terbaca akan mungkin anda alami. Bahkan banyak juga pengguna HP yang mengalami hal ini berulang kali. Dengan adanya kartu SIM, sarana komunikasi akan berjalan dengan lancar.

Biasanya kasus ini akan menandakan bahwa kartu SIM sudah rusak. Ini juga menandakan bahwa kartu SIM sudah tidak bisa digunakan lagi. Dengan begitu, anda harus segera mencari solusi untuk mengatasi masalah ini.

Penyebab dan Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Terbaca

Pada dasarnya, kasus kartu SIM yang tidak terbaca ini memiliki banyak faktor. Salah satu faktor yang mengakibatkan kartu SIM tidak terbaca adalah usia penggunaan yang sudah sangat lama. Terkadang pemakaian barang yang terlalu lama kualitasnya sudah menurun.

Kartu SIM biasanya mengalami degradasi pada material plastik dan kuningan pada bagian belakang. Biasanya masalah ini terjadi setelah pemakaian lebih dari lima tahun. Namun, anda tak perlu khawatir, sebab hal mudah untuk diatasi.

Berikut adalah cara mengatasinya:

Membersihkan SIM Card

Cara pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan membersihkan SIM card. Ini adalah langkah awal yang harus anda lakukan. Caranya dengan membuka, lalu melepas kartu SIM yang tidak terbaca itu.

Setelah berhasil, anda bisa membersihkannya dengan menggunakan kain halus. Barangkali pada kartu SIM tersebut terdapat debu yang menempel. Anda juga bisa menggunakan penghapus untuk membersihkan kuningan yang ada pada bagian belakang.

Atur Ulang Jaringan

Cara mengatasi kartu SIM tidak terbaca berikutnya adalah dengan mengatur ulang jaringan pada HP. Bisa saja faktor penyebab kartu SIM tidak terbaca karena ada masalah pada operatornya. Sehingga ketika anda memasang kartu SIM akan error dan bermasalah.

Hal ini akan menyebabkan penggunaan kartu SIM tidak maksimal. Anda bisa melakukannya dengan cara manual. Caranya dengan masuk ke menu Pengaturan pada HP.

Selanjutnya, anda bisa memilih opsi Network dan Internet. Jika sudah, pilih Mobile Network dan Acces Point Names. Tahapan ini anda perlu mengatur secara manual APN sesuai jaringan operator seluler anda.

Factory Reset

Kartu SIM yang tidak terbaca juga bisa diatasi dengan cara factory reset. Langkah ini bertujuan untuk mengembalikan HP ke kondisi semula. Melakukan factory reset akan menyebabkan semua data dan aplikasi hilang.

Cara mengatasi kartu SIM tidak terbaca ini ada satu hal yang harus anda lakukan. Anda harus melakukan pencadangan terkait data dan segala isi HP. Hal ini untuk menghindari data penting menghilang karena reset.

Jangan sampai ada data yang terlewat, karena tidak bisa dikembalikan. Lakukan segala hal ini dengan hati-hati. Sehingga factory reset bisa berjalan dengan maksimal.

Membersihkan Cache

Terkadang masalah ini terjadi karena hal yang sepele. Bisa saja karena ada file sampah yang menumpuk pada HP anda. Cara yang tepat untuk mengatasi masalah ini adalah dengan membersihkan cache.

Tidak ada salahnya bila anda membersihkan file cache. Anda bisa melakukannya pada pengaturan aplikasi. Untuk lebih praktisnya, anda bisa melakukan langkah ini dengan menggunakan aplikasi Cleaner.

Cara mengatasi kartu SIM tidak terbaca dengan membersihkan cache akan berpengaruh pada kerja sistem HP. Biasanya dengan cara ini kartu SIM akan kembali normal lagi. Anda bisa dengan mudah menggunakan kartu SIM untuk keperluan anda.

Mengaktifkan Mode Pesawat

Ada cara lebih simpel yang bisa anda lakukan. Jika anda sudah bisa memastikan bahwa kartu SIM tidak bermasalah, anda bisa mengaktifkan mode pesawat. Cara ini mungkin adalah hal yang paling mudah untuk anda lakukan.

Caranya adalah dengan menarik panel notifikasi layar awal dan mencari menu Airplane Mode. Ketuk dan aktifkan mode pesawat pada HP anda. Kemudian tunggu beberapa saat dan matikan mode pesawat, lalu lihat kartu SIM anda apakah sudah bisa atau belum.

Itulah cara mengatasi kartu SIM tidak terbaca yang bisa anda lakukan. Cara diatas sudah sering dilakukan oleh banyak orang dan mudah. Anda bisa melakukannya secara mandiri dan tidak memerlukan bantuan orang lain.

 

Leave a Comment