Cara Mengatasi HP Suka Mati Sendiri dengan Langkah yang Mudah

HP suka mati sendiri merupakan kondisi yang memang sangat menjengkelkan. Banyak pengguna tidak mengetahui apa penyebab yang membuat ponsel mereka mati secara sendirinya.

Ada beberapa alasan yang dapat menyebabkan masalah ini. Sering kali baterai ponsel menjadi longgar dan membuat perangkat tidak dapat bekerja dengan lancar. Bahkan baterai yang lemah dapat menyebabkan ponsel mati

Untuk menghindari segala jenis kerusakan pada ponsel anda, banyak pengguna menggunakan tutup pelindung. Tetapi jika penutup ini tidak cocok untuk ponsel anda, maka akan mempengaruhi kinerja perangkat

Pengguna ponsel biasanya mengunduh banyak aplikasi pada perangkat mereka. Tetapi beberapa aplikasi mungkin tidak mendukung yang pada gilirannya membuat ponsel anda mati secara tiba-tiba. Ini solusi dari laman ANGKASA NEWS yang kami rangkum.

Cara Mengatasi HP Suka Mati Sendiri

Berikut ini informasi mengenai beberapa cara terbaik untuk mengatasi masalah yang anda hadapi. Pelajari dan pahami masing-masing metode dengan hati-hati untuk memperbaiki masalah.

Periksa Status Baterai Ponsel

Memeriksa status baterai ponsel anda dapat membantu memperbaiki masalah tersebut.  Jika informasi menunjukkan status kesehatan baterai yang buruk, maka anda harus menggantinya. Tetapi jika info menunjukkan kesehatan baterai baik, lanjutkan ke metode selanjutnya.

Anda juga bisa mengecek kerusakan fisik, misalnya pada tombol daya. Karena jika rusak dapat menyebabkan masalah sirkuit dalam ponsel sehingga mati dengan sendirinya.

Perbarui Perangkat Lunak Ponsel

Masalah HP suka mati sendiri ini mungkin karena versi lama OS yang terinstal. Memperbarui perangkat lunak ke versi baru dapat memperbaiki beberapa masalah dan bug.

Anda perlu mengunjungi Pengaturan> Tentang> Pembaruan Perangkat Lunak. Sekarang klik opsi Periksa Sekarang dan jika perlu ada pembaruan silakan perbarui.

Aplikasi yang Rusak

Jika ponsel anda mulai mati tanpa alasan apapun, maka itu mungkin karena beberapa aplikasi buruk. Faktanya, beberapa aplikasi berjalan pada latar belakang yang mungkin memaksa perangkat anda untuk mati.

Coba copot pemasangan aplikasi yang tidak berguna pada ponsel. Ini mungkin aplikasi apa saja, jadi jangan abaikan langkah ini dan hapus aplikasi yang tidak perlu anda pasang.

Cukup buka Pengaturan> Lainnya> Aplikasi> Berjalan. Jika anda melihat beberapa aplikasi yang tidak anda inginkan, segera hapus instalannya.

Boot Ponsel dalam Safe Mode

Jika anda boot perangkat anda dalam Safe Mode, maka akan mudah untuk mengetahui aplikasi yang menyebabkan masalah. Sehingga anda dapat menghapusnya dengan mudah.

Untuk menerapkan cara mengatasi HP suka mati sendiri ini, silakan tekan lama tombol Daya dan klik opsi Matikan. Setelah itu, muncul kotak yang menanyakan apakah anda akan reboot perangkat dalam mode aman atau tidak.

Ketuk OK untuk masuk ke Safe Mode. Dalam mode aman, aplikasi yang tidak kompatibel dengan ponsel tak dapat anda gunakan. Cukup hapus instalannya dan periksa apakah masalah tersebut teratasi atau tidak.

Reset Pabrik

Ketika semua metode di atas gagal menyelesaikan masalah, satu opsi terakhir tersisa adalah melakukan reset pabrik. Metode yang efektif memecahkan beberapa jenis masalah pada ponsel.

Namun perlu anda ingat bahwa melakukan metode ini juga akan menghapus data anda dari ponsel. Sehingga sebaiknya buat cadangan semua data atau file penting anda terlebih dahulu.

Cara reset pabrik dengan membuka Pengaturan, pilih opsi Cadangkan dan Atur Ulang. Setelah itu, pilih Reset Data Pabrik dan klik Reset Perangkat.

Sekarang, ketuk Hapus semuanya untuk memulai proses reset. Ketika proses selesai, perangkat akan secara otomatis memulai ulang dan anda perlu mengatur semuanya sekali lagi.

Itulah beberapa cara mengatasi HP suka mati sendiri dengan langkah yang mudah. Jika semua cara tersebut tidak berfungsi, anda bisa menanyakan masalah tersebut ke tukang servis profesional.

 

Leave a Comment