Belajar Perkembangan Fisik Remaja Menurut Mustika Pustaka Negeri

Salah satu perkembangan fisik dari mustika pustaka negeri dipengaruhi oleh peran orang tua. Selain itu dampak saat masa pubertas juga harus diketahui para remaja. Sehingga saat mengalami efek dari perubahan fisik tersebut tidak akan kaget.

Masa pubertas pada remaja dan laki-laki juga berbeda. Sebab dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti hormonal, nutrisi, dan lain-lain. Selain itu remaja juga membutuhkan orang tua saat masa pubertas.

Simak hal penting pada perkembangan fisik remaja berikut ini:

Peran Orang Tua

Saat individu melewati masa pubertas maka akan terjadi perubahan dari anak-anak menjadi remaja. Faktor orang tua sebagai pendamping sangat penting sekali di sini. Harus paham bagaimana anak mengalami perkembangan fisik , psikologis, dan masih banyak lagi.

Pendampingan ini bertujuan untuk melindungi anak dari segala perubahan yang terjadi termasukĀ  pergaulan di masyarakat. Sebab pergaulan saat anak dan remaja terdapat perbedaan yang sangat mencolok.

Biasanya pada fase ini remaja akan muncul rasa tidak percaya diri dalam berpenampilan, minder dalam pergaulan dan lingkungan masyarakat. Sehingga peran orang tua harus terus mendukung anak dan menanamkan sikap percaya diri pada diri anak tersebut.

Dampak Perkembangan Fisik

Selanjutnya ada dampak perkembangan fisik yang dapat mempengaruhi remaja. Di bawah ini dampakĀ  yang bisa terjadi antara lain:

1. Dampak pada Fisik

Apabila remaja perempuan mengalami lelah dan letih saat menstruasi maka hal tersebut adalah wajar. Sebab keluhan tersebut disebabkan karena efek dari menstruasi yang terjadi seperti mual, pusing, kram perut, dan lain-lain.

2. Dampak Pada Sikap

Kedua ada perubahan remaja seperti ingin menyendiri, tidak ingin bersosialisasi, tidak mau bergaul dengan teman sebaya. Selain itu remaja bisa mengalami kebosanan pada sesuatu yang biasa dikerjakan.

Semua itu adalah sesuatu yang wajar terjadi pada sikap remaja. Saat mengalami fase ini terkadang remaja menjadi merasa aneh atau kikuk. Sebab biasanya perubahan ini terjadi secara mendadak dan sangat cepat. Berpengaruh juga pada koordinasi gerakan tubuh remaja.

3. Dampak pada Jiwa

Menurut mustika pustaka negeri, jiwa remaja dituntut lingkungan untuk melakukan penyesuaian terhadap perubahan lingkungan. Perubahan tubuh yang kelihatan saat pubertas ini terkadang membuat remaja merasa risih di pergaulan.

4. Dampak pada Fungsi Psikologis

Perubahan fungsi psikologis berkaitan dengan bertambahnya kemampuan otak pada remaja. Pola pikir akan semakin matang, bertambah cerdas, dan menjadi tertarik dengan lawan jenis.

5. Dampak pada Preokupasi pada Tubuh

Dan dampak yang terakhir ini biasanya remaja akan membandingkan perubahan fisik yang terjadi dengan teman yang lain. Hal ini akan berdampak pada tingkat percaya diri dan pola pergaulan remaja.

Demikian beberapa penjelasan perkembangan fisik dan dampak pada remaja menurut mustika pustaka negeri. Dengan mencari informasi berkaitan dengan perubahan saat pubertas membuat remaja menjadi tahu hal apa saja yang mempengaruhi perkembangan fisik tersebut.

 

Leave a Comment