7 Tips Hemat Membangun Rumah Baru yang Harus Anda Lakukan

Setelah berhasil menaklukan dunia kerja, apalagi goals yang ingin Anda wujudkan? Memiliki kendaraan bagus atau membangun rumah merupakan dua jawaban yang paling sering terlontar dari mulut banyak orang. Bicara mengenai bangun rumah, kami menawarkan Anda sejumlah tips hemat membangun rumah baru yang sayang bila dilewatkan begitu saja.

Tips Hemat Membangun Rumah Baru

Setiap orang memiliki ketakutan yang berbeda saat membangun rumah. Sebagian besar orang takut dana tak mencukupi sementara yang lainnya takut salah pilih lokasi. Ketakutan itu hal yang biasa asalkan Anda bisa mengatasinya dengan tepat. Jika alasan utama terlambat bangun rumah adalah modal, yuk simak tips hemat membangun rumah baru berikut ini:

1. Buat dan Matangkan Perencanaan

Anda bisa jadi minim modal untuk membangun rumah tapi bukan berarti tidak memiliki persiapan dan perencanaan sama sekali. Perencaan pembangunan rumah meliputi banyak hal termasuk lokasi, ukuran rumah, kebutuhan ruang hunian dan masih banyak lagi.

Coba bayangkan bila semua detail tersebut tidak Anda rencanakan sejak awal? Kemungkinan besar proses pembangunan rumah akan menyita banyak waktu, tenaga dan uang Anda.

2. Lahan Kecil

Cara termudah untuk mengendalikan budget pembangunan rumah adalah membeli lahan kecil. Ketika lahannya kecil otomatis ukuran huniannya juga ikut menyesuaikan. Berbanding terbalik ketika Anda memiliki lahan besar yang sudah sepantasnya dibangun rumah berukuran megah.

Lahan kecil dijual dengan harga yang lebih murah daripada lahan luas. Terlebih, harga lahan di Indonesia terus mengalami perubahan setiap tahunnya.

3. Pilih Desain Minimalis

Seiring berjalannya waktu, desain hunian mengalami perkembangan. Anda bisa membangun rumah gaya klasik, bisa juga mengadopsi tema industrial. Adapun tips hemat membangun rumah baru adalah mengimplementasikan desain rumah minimalis.

Rumah minimalis bukan berarti jelek. Konsep rumah minimalis sangat elegan dan atraktif tergantung dari sisi mana Anda melihatnya. Bila belum familiar dengan konsep desain ini, mintalah bantuan jasa arsitek untuk membuat sketsa huniannya.

4. Berhati-hati saat Memilih Material

Banyak orang yang menyarankan Anda membeli material dari toko bangunan A atau B. Agar semuanya menjadi lebih mudah dan hemat, lakukanlah riset secara mandiri. Anda bisa mengunjungi satu per satu toko bangunan yang ada di sekitas lokasi pembangunan.

Dari semua toko bangunan yang ada, coba bandingkan toko yang memiliki bahan baku terbaik dan harga terjangkau. Alih-alih belanja material yang mahal cobalah untuk membeli bahan baku yang berkualitas baik.

5. Pekerjakan Tim Konstruksi Solid

Sekecil-kecilnya budget yang Anda punya, proses pembangunan rumah tidak bisa terlaksana tanpa bantuan tim konstruksi. Seleksi tim konstruksi hingga Anda berhasil menemukan tim terbaik yang solid dan mampu bekerja secara efektif juga efisien.

Tim konstruksi memiliki peran yang sangat penting dalam proses pembangunan rumah. Tanpa keterampilan mereka, sulit bagi hunian Anda untuk berdiri dengan kokoh dan sempurna.

6. Bangun Sedikit demi Sedikit

Tips hemat membangun rumah baru selanjutnya bukanlah membangun rumah saat seluruh modal terkumpul namun membuatnya sedikit demi sedikit. Anda bisa mencicil pembangunan rumah sesuai budget yang dimiliki.

Meskipun tampak kurang efisien, cara ini efektif untuk menciptakan hunian dengan budget terbatas. Anda juga bisa mencegah penggunaan modal pembangunan rumah untuk pembiayaan lainnya.

7. Fokus pada Kebutuhan Hunian

Salah satu alasan seseorang menghabiskan banyak uang saat membangun rumah karena mereka tidak fokus dengan kebutuhan huniannya. Alih-alih membeli keramik marmer atau lampu gantung berukuran raksasa, Anda bisa mengakomodasikan modal untuk memenuhi kebutuhan pembangunan lainnya.

Bila memungkinkan, alokasikanlah dana untuk pembangunan yang lebih penting. Ketika ada sisa dana, Anda bisa menggunakannya untuk membeli furniture sesuai selera.

Tidak ada yang tidak mungkin jika Anda mau berusaha untuk melakukannya, begitu juga dengan membangun rumah. Walau budgetnya terbatas, Anda masih bisa memiliki rumah bagus dengan mengikuti tips hemat membangun rumah baru.

Leave a Comment