5 Chord Gitar Paling Mudah Untuk Pemula

Meskipun terlihat rumit namun chord gitar juga bisa dipelajari oleh para pemula bahkan secara otodidak. Dari berbagai chord gitar ada beberapa chord gitar paling mudah yang bisa dipelajari dimainkan. Untuk mempelajarinya bisa ditemukan dengan mudah melalui atau internet atau menonton video youtube agar lebih mudah memahami cara memainkannya.

Bagi pemula beberapa kunci dasar berikut ini bisa menjadi modal awal untuk memainkan gitar. Penempatan jari untuk bisa memainkan chord gitar memang terlihat rumit. Namun beberapa chord dibawah ini bisa dipelajari dengan mudah dan mudah diingat sebab cara memainkannya cukup mudah dan sederhana.

1. Kunci A Mayor

Pertama, Chord gitar paling mudah untuk pemula adalah kunci a mayor. Kunci gitar ini juga banyak digunakan. Cara memainkan chord ini paling mudah untuk pemula, yaitu hanya perlu menempatkan ketiga jari pada fret yang sama.

Untuk memainkan kunci gitar a mayor penempatan jari berada di fret kedua atau kolom kedua pada leher gitar. Tempatkan telunjuk untuk menekan pada senar kedua, kemudian jari tengah pada senar ketiga. Terakhir jari manis menekan senar keempat. Dengan demikian kunci gitar a mayor sudah bisa dimainkan, selanjutnya hanya perlu memetik senar di body gitar.

2. Kunci A Minor

Selanjutnya para pemula juga bisa belajar kunci gitar a minor. Untuk memainkan kunci a minor penempatan ketiga jari yang digunakan juga masih sangat mudah dan tidak akan menyulitkan saat akan berpindah chord.

Penempatan ketiga jari yang digunakan hanya pada fret pertama dan kedua. Untuk jari pertama letakkan pada senar kedua fret pertama. Sedangkan jari kedua dan ketiga berada di fret kedua, masing-masing berada di senar ketiga dan keempat.

3. Kunci C Mayor

Kunci gitar selanjutnya juga termasuk dalam chord gitar paling mudah dan banyak digunakan untuk memainkan berbagai lagu. Sebagai pemula sebaiknya pelajari kunci gitar c mayor ini. Untuk memainkan kunci ini, ikuti langkah berikut:

  • Tempatkan telunjuk pada senar kedua di fret pertama.
  • Kemudian jari tengah pada senar keempat di fret kedua.
  • Terakhir jari manis pada senar kelima di fret ketiga.

4. Kunci E

Bagi para pemula kunci e juga merupakan kunci dasar gitar yang mudah untuk dipelajari. Untuk memainkan kunci ini tidak membutuhkan perpindahan jari yang sulit. Ketika memainkan kunci e jari telunjuk di senar ketiga di fret pertama. Kemudian jari tengah pada senar kelima di fret kedua lalu terakhir jari manis pada  senar keempat fret kedua.

5. Kunci D

Urutan kunci gitar yang selanjutnya adalah kunci D. Kunci gitar yang satu juga mudah dimainkan sebab penempatan jarinya tidak begitu rumit. Untuk penempatan jari kunci D, pertama letakkan jari telunjuk untuk menekan pada senar ketiga fret kedua. Kemudian jari tengah letakkan pada senar pertama fret kedua. Terakhir,  jari manis tempatkan pada senar kedua fret ketiga.

Itu tadi adalah beberapa chord gitar paling mudah untuk pemula. Untuk memainkan gitar memang harus menguasai chord gitar. Agar bisa mahir memainkan gitar bisa dengan cara les, belajar dari orang lain atau juga dari internet seperti melalui web chordtela. Belajar otodidak memang sulit, namun hal tersebut juga bisa menjadi alternatif pilihan untuk belajar gitar.

Leave a Comment