3 Syarat Tempat yang Cocok untuk Kantor yang Dapat Disewa di Sewa-kantor.net

Kantor merupakan tempat menampung seluruh kegiatan administratif sebuah badan usaha. Kantor fisik dengan alamat yang jelas diperlukan dalam kegiatan usaha. Tidak harus membangun tempat sendiri, banyak agen properti yang menyediakan jasa sewa kantor. Sebelum menjatuhkan pilihan, perhatikan 3 syarat tempat yang cocok untuk kantor berikut agar memperoleh pilihan yang tepat!

Memiliki Tata Ruang yang Baik

Syarat utama yang harus dimiliki sebuah bangunan untuk kantor adalah memiliki tata ruang yang baik. Hal ini untuk mendukung setiap aktivitas yang dilakukan. Tata ruang yang baik dalam sebuah kantor bisa digolongkan menjadi tiga, yaitu:

1. Ruang Kerja (Work Space)

Biasa digunakan untuk seluruh aktivitas pekerjaan seperti membaca, menulis dan aktivitas menggunakan komputer. Secara umum ada beberapa jenis ruang kerja yang umum ditemukan pada sebuah kantor. Di antaranya ruang kerja terbuka, ruang tim, kubikel, ruang kerja privat, work lounge, touch down, dan masih banyak lagi.

2. Ruang Pertemuan (Meeting Space)

Sebuah kantor selain memiliki ruang kerja biasanya juga membutuhkan ruang pertemuan (meeting space). Ruangan ini biasa digunakan untuk proses interaktif, percakapan singkat ataupun pertukaran pendapat brainstorm intensif. Ada beberapa jenis ruang pertemuan, di antaranya ruang pertemuan kecil/besar, brainstorm room, dan meeting point.

3. Ruang Pendukung (Support Space)

Selain ruang kerja dan ruang pertemuan, syarat tempat yang cocok untuk kantor juga memiliki ruang pendukung. Biasanya ruang pendukung ini berfungsi sebagai ruang arsip, ruang penyimpanan atau gudang, ruang istirahat, dapur, dan ruang ganti/loker. Ada juga beberapa tempat yang menyediakan ruang khusus untuk merokok, perpustakaan, ruang fotokopi, dan ruang tunggu tamu.

Memiliki Fasilitas Teknis Memadai

Saat berencana untuk sewa kantor, pastikan tempat yang telah dipilih memiliki fasilitas teknis yang memadai. Selain fasilitas utama berupa tata ruang, hal-hal teknis penunjang pekerjaan juga penting untuk diperhatikan. Ketersediaan fasilitas teknis berupa instalasi listrik, dan jaringan internet sangat dibutuhkan untuk kelancaran pekerjaan.

Kantor biasanya memiliki ruang tertutup yang bertujuan untuk menjaga suasana tetap tenang. Hal ini perlu diimbangi dengan pencahayaan yang cukup. Ruang kerja yang terlalu gelap atau kurang pencahayaan akan membuat penglihatan terganggu. Selain untuk sumber pencahayaan, listrik juga digunakan untuk aktivitas kerja menggunakan komputer.

Pada beberapa desain kantor modern, dilengkapi pula dengan jaringan internet. Jenis pekerjaan yang membutuhkan akses internet dan online akan sangat terbantu dengan desain kantor tersebut. Sebaliknya jika tempat yang digunakan untuk kantor tidak terjangkau akses internet, akan mempersulit kelancaran pekerjaan.

Memiliki Fasilitas Pendukung Pekerjaan

Syarat tempat yang cocok untuk dijadikan sebagai kantor sebaiknya memiliki beberapa fasilitas pendukung, di antaranya ruang ibadah, toilet dan area parkir. Fasilitas umum tersebut harus dalam keadaan aman, bersih, rapi, dan layak digunakan oleh karyawan maupun tamu kantor, dengan rincian:

1. Ruang Ibadah

Aktivitas kantor umumnya tidak terbatas pada pekerjaan saja. Terdapat aktivitas lain yang menjadi hak bagi setiap penghuni kantor, yaitu menjalankan ibadah. Menyediakan ruang ibadah di dalam kantor juga dapat mengefisiensi waktu. Bandingkan jika karyawan harus menjalankan ibadah di luar kantor, pasti akan memakan lebih banyak waktu.

2. Toilet

Selain ketersediaan tempat ibadah, fasilitas penunjang lain yang harus ada adalah sarana toilet. Kantor yang sehat menyediakan toilet dan sanitasi kebersihan yang baik untuk karyawannya. Sebelum memutuskan memilih suatu tempat sebagai kantor, pastikan ketersediaan sarana toilet dalam keadaan baik dan layak digunakan.

3. Area Parkir

Memilih tempat yang tepat untuk dijadikan kantor harus memperhatikan sistem keamanan. Salah satu yang kerap diabaikan adalah fasilitas area parkir kendaraan. Pertimbangan area parkir yang baik adalah tidak terlalu kecil, akses masuk dan keluar kendaraan mudah, teduh atau tidak terkena panas dan hujan, serta memiliki sistem penjagaan keamanan.

Itulah syarat tempat yang cocok untuk kantor yang bisa dipertimbangkan. Sebelum memutuskan untuk menyewa sebuah tempat atau gedung untuk dijadikan kantor, sebaiknya memastikan semua syarat di atas terpenuhi. Lantaran kantor yang aman dan nyaman akan membuat pekerja lebih produktif.

Leave a Comment